Minggu, 21 Desember 2014
FeedFacebookTwitter
Ditulis oleh Admin2 Kategori: Ekbis
Tanggal Diterbitkan Dilihat: 1020
Cetak

RilisIndonesia.com, jamur1LEBAK – Pesatnya perkembangan budidaya jamur tiram di Kabupaten Lebak, Banten berdampak pada kualitas ekonomi warga yang ikut terdongkrak, dan juga menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Kepala Dinas Pertanian Lebak, Dede Supriatna mengatakan, pihaknya akan terus membina kelompok tani yang mengembangkan jamur tiram. Menurutnya hal tersebut akan meningkatkan pendapatan petani. “Saat ini usaha budi daya jamur tiram cukup pesat, karena setiap hari perajin budi daya bisa menghasilkan pendapatan” ungkapnya di Rangkasbitung, Sabtu 21/7/2013.

Menurut Dede, saat ini produksi jamur tiram Kabupaten Lebak sudah memasok ke Serang, Pandeglang, dan Tangerang. "Saya kira ke depan dipastikan Lebak dijadikan daerah sentra jamur tiram," tambahnya.


Toto (45), seorang pembudidaya jamur tiram warga Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak di Rangkasbitung mengatakan, produksi jamur tiram binaanya memiliki kelebihan, selain rasanya enak juga beraroma.

Selain itu juga pemasarannya begitu mudah dan pangsa pasar siap menamapung hasil budi daya jamur itu. Ia mengaku saat ini permintaan jamur tiram meningkat pesat sehingga pengrajin merasa kewalahan. "Kami saat ini hanya mampu memenuhi pasar lokal saja," katanya.

Saat ini, kata dia, perajin budi daya jamur tiram binaanya mencapai 30 kelompok tersebar di sejumlah desa di Kecamatan Kalanganyar. (WIDIASIH)

You are here: